Makanan Islami Yang Bergizi Cocok Untuk Ibu Hamil

Makanan Islami Yang Bergizi Cocok Untuk Ibu Hamil

Bagi seorang ibu yang lagi hamil tentunya merasakan saat ngidam, saat inilah dimana banyak sekali hal-hal yang diluar kebiasaan terutama dalam keinginan memakan sesuatu yang aneh atau ingin memakan makanan yang serba pedas.
Di agama islam ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk ibu yang sedang hamil bahkan Rasulullah sendiri merekomendasikan beberapa makanan islami yang bergizi cocok untuk ibu hamil.
Masa kehamilan sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pertumbuhan janin adalah memilih makanan yang sehat untuk ibu hamil karena makanan yang dimakan menentukan kesehatan janin sisi psikis dan spiritual anak.
makanan ibu hamil

Dibawah ini adalah beberapa makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil

1.Buah Kurma cocok untuk ibu hamil
Rasulullah Saw bersabda, “Berikanlah buah kurma kepada istri kalian di bulan ke sembilan kehamilannya karena hal itu dapat membuat anak yang ia lahirkan menjadi orang yang berhati lembut dan bersih.

2.buah pir (pear ) cocok untuk ibu hamil
Rasulullah Saw bersabda, “Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian.”

3.Luban atau kemeyan arab cocok untuk ibu hamil
Rasulullah Saw bersabda, “Berilah luban (kemenyan Arab) kepada istri kalian yang sedang mengandung karena itu dapat mencerdaskan anak yang sedang dikandungnya.” Imam Ali bin Musa Ridha As berkata, “Berikanlah luban kepada istri kalian yang sedang mengandung. Jika bayi yang dikandungnya itu laki-laki, maka anak tersebut akan menjadi anak yang cerdas, pandai, dan pemberani. Jika bayi yang dikandungnya itu perempuan, maka anak itu akan menjadi cantik paras dan budi pekertinya, serta akan dihormati oleh suaminya.”

4.Buah Delima cocok untuk ibu hamil
Para Imam Ahlul Bait As telah membuat daftar menu makanan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, seperti yang diriwayatkan dalam kitab-kitab hadist Ahlul Bait, misalkan Al-Kafi dan Makarim Al-Akhlaq. Makanan-makanan tersebut antara lain adalah buah delima, tin,anggur, kismis, sayuran, daging, bubur daging,hijau-hijauan, dan jenis buah-buahan lainnya.

5.makanan yang mengandung asam folat.
Makanan yang mengandung asam folat berguna untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada si kecil.Makanan yang mengandung asam folat terdapat pada sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau,kacang-kacangan, brokoli, dan lainnya.

6.makanan yang mengandung zat besi.
ada baiknya mengandung banyak zat besi. Zat besi berguna untuk mencegah terjadinya anemia pada saat kehamilan. Anemia berbahaya sekali bagi ibu hamil sehingga dapat menyebabkan terjadinya pendarahan saat-saat persalinan.

Itulah Beberapa jenis makanan islami yang begizi untuk ibu hamil,semoga bermanfaat.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top