10 Cara Cepat Menghilangkan Stres

10 Cara Cepat Menghilangkan Stres

Ingatkan anda ketika masih kecil apa yang anda lakukan untuk menghilangkan rasa sedih?... mungkin banyak cara yang akan anda pakai. Sebagian di antaranya  yakni menghisap jempol, makan permen karet dan banyak cara lainnya. Ketika anda tumbuh berkembang semakin dewasa cara-cara seperti itu tidaklah ampuh lagi untuk menjadikan solusi untuk mengatasi rasa sedih. Pernahkah anda mengalami stres?.. perkara ini umumnya terjadi pada orang dewasa. Stres di sini bukan berarti seperti orang gila atau sinting yang mengamuk tetapi stres di sini adalah pikiran anda terganggu mungkin karena terlalu banyak pekerjaan yang anda buat, sedang ada masalah atau terlalu sibuk sehingga otak tidak bisa berpikir secara jernih.
menghilangkan stres

Stres jika terlalu lama dibiarkan maka akan mengganggu kinerja anda. Stres akan berdampak pada kesehatan anda dan akan berefek pada tubuh anda misalnya nafsu makan jadi berkurang, tampak tidak bersemangat justru jika hal tersebut dibiarkan berlama-lama anda akan sakit.

Terlalu banyak tuntutan mungkin bisa membuat anda stres karena pikiran yang dipaksa untuk berpikir keras atau berlebihan. Stres umumnya ditandai dengan rasa tidak nyaman kemudian ingin marah-marah dan ingin melampiaskannya. Padahal orang yang menjadi objek anda tidaklah bersalah. Dari permasalahan tersebut berikut ini kami mencoba merangkum beberapa solusi singkat yang bisa anda gunakan ketika anda mengalami stres antara lain :

Sering Tersenyum

Orang stres kok disuruh tersenyum, coba saja dulu tips ini tips yang sangat ampuh. Memang bertolak belakang sekali dengan mood anda. Dengan tersenyum anda akan merasa lebih baik. Dari sebuah penelitian yang di adakan di University of Wisconsin menemukan bahwa orang yang tidak bisa berekspresi dengan kemarahannya akan cenderung lebih merasa tenang. Desak diri anda untuk tersenyum ketika stres sampai diri anda merasa lebih baik.

Menjadi Tangan di Atas

Ada ungkapan yang biasa kita dengar yaitu “tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah” Bersedekah atau memberi kita perlu hal ini bukan hanya karena ingin menghilangkan stres, memberi juga mewujudkan rasa peduli kita terhadap sesama, menumbuhkan rasa empati dan menghargai orang lain. Dengan memberi kita bakal merasa lebih adem dibandingkan dengan membelanjakan dan menukar semua uang kita dengan barang.

Coklat dan Gandum itu Baik

Konsumsi karbohidrat yang banyak. Karbohidrat sangat baik dan juga bisa meningkatkan gula darah dan dalam tubuh serta memicu serotonin yang terkandung dalam tubuh anda. Hormon ini akan memberikan rasa positif terhadap seseorang, memberikan rasa tenang. Beberapa makanan atau camilan yang patut anda konsumsi ketika stres adalah gandum atau makanan yang lain dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Atau anda juga bisa menggunakan coklat untuk di konsumsi.

Gunakan Gerakan Tangan

Ketika sifat sedih muncul, rasa cemas, khawatir bahkan takut itu akan mempengaruhi aliran darah anda. Tangan anda akan terasa dingin bahkan sampai berkeringat dingin. Dengan demikian memerlukan kehangatan untuk badan anda sehingga aliran darah lebih normal mengalir ke semua saraf. Untuk melakukannya anda bisa menggerakkan tangan dan mengangkat tinggi tinggi gerakkan dengan leluasa sampai tangan dan badan anda terasa hangat.

Bercocok Tanam di Kebun

Menggali hobi anda lebih dalam, mungkin anda mempunyai hobi berkebun. Hobi ini patut anda salurkan karena dapat menghilangkan stres pada diri anda. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan berkebun misalnya menengok bunga, menanam bunga, mengguyur bunga, memupuk, dan masih banyak lagi. Hobi berkebun ini akan menyehatkan bagi mental anda. Pada tahun 2011 lalu tepatnya di Belanda melakukan penelitian tentang berkebun ternyata berkebun selama 30 menit dapat mengurangi rasa stres.

Pijat dan Dengarkan Musik

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memanjakan tubuh dan diri anda misalnya dengan mendengarkan musik yang anda sukai, pijat, mandi, atau pun melakukan hal hal lain yang bisa membuat tubuh anda merasa nyaman. Dengan melakukan hal yang anda sukai kadar stres dan cemas akan mengurang.

Tarik Napas Panjang

Selain mengurangi kadar grogi, mengambil napas panjang dalam dalam mengeluarkannya secara perlahan sangatlah ampuh untuk menghilangkan stres. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengeluarkan napas secara perlahan akan mempengaruhi parasimpatik untuk menurunkan detak jantung.

Tingkatkan Mood dengan Olahraga

Olahraga itu penting bagi kesehatan walaupun hanya sebentar lima sampai sepuluh menit untuk meningkatkan mood anda. Selain itu juga olahraga akan menyehatkan tubuh anda. Tubuh bakal terasa sehat aliran darah akan semakin lancar. Apabila anda tidak suka berolahraga lakukan apapun untuk bisa membuat detak jantung anda berdetak lebih cepat misalnya dengan menari atau bermain game yang melibatkan gerak tubuh.

Peluk Diri Sendiri

Cemas akan terasa lebih besar ketika anda merasa pesimis. Otak anda akan mengeluarkan sinyal negatif yang membuat anda tidak semangat terkadang merasa tidak mampu melakukan sesuatu. Dengan memeluk diri sendiri anda akan merasa lebih tenang dan bahagia. Pelukan diri anda sendiri dengan erat.

Olahraga Lidah Tidak Kalah Penting

Selain olahraga tubuh olahraga lidah juga tidak kalah penting. Olahraga lidah akan memberikan efek dan mengirimkan sinyal pada sistem limbik sehingga hormon stres dapat turun adrenalin dan kortisol. Caranya anda cukup mengeluarkan lidah anda sampai rahang anda terasa rileks lakukan secara berulang ulang sampai tubuh anda merasa lebih tenang.

Bagaimana dengan tips di atas apakah anda merasa stres saat ini? Upaya di atas memang dipilih untuk menghilangkan stres secara cepat. Anda perlu mencobanya dan tak butuh waktu terlalu lama sehingga anda dapat dengan cepat merasakan manfaatnya. Oke demikian tips rahasia mengatasi stres dengan cepat semoga bermanfaat untuk anda.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top