4 Cara Sederhana Meningkatkan Tinggi Badan Anak

4 Cara Sederhana Meningkatkan Tinggi Badan Anak

Tinggi badan seseorang memang sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, 20 persen nya juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan, gaya hidup atau makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian, masih ada kemungkinan untuk menambah tinggi badan anak, misalnya sebanyak 13 cm.
Cara meningkatkan tinggi badan anak relatif lebih mudah dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karena itu, waktu yang paling ideal untuk memulai program tinggi badan adalah pada saat mereka masih balita dan anak-anak.
tinggi badan anak

Cara meningkatkan tinggi badan anak
Tentunya tidak ada cara menambah tinggi badan yang bisa meningkat dalam waktu 1 malam. Anda mungkin melihat iklan di koran maupun di televisi yang mengklaim bahwa produk mereka dapat meningkatkan tinggi badan dalam waktu yang singkat. Namun, semua itu hanyalah isapan jempol belaka. Kebanyakan dari produk itu tidak dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh manusia secara signifikan. Sebaliknya, obat-obatan non resep terkadang memberikan dampak negatif terhadap tubuh. Ada beberapa cara sederhana untuk menambah tinggi badan  yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan tinggi badan anak antara lain,

Diet seimbang untuk pertumbuhan
Langkah pertama untuk mendapatkan tinggi badan pada anak yang diinginkan adalah dengan diet seimbang atau mengkonsumsi makanan yang tepat. Anda harus menghindari anak anak dari burger, soda atau minuman berkarbonasi serta asap rokok. Beralihlah ke gaya hidup sehat dan hindari makanan-makanan seperti junk food. Jangan lupa untuk mengkombinasikan makanan  anak dengan makanan yang mengandung nutrisi, protein, karbohidrat dan lemak. Sebisa mungkin hindari lemak jenuh. Namun suatu waktu anda juga bisa tidak memasukkan karbohidrat dan makanan berlemak pada menu makanan anak.
Beberapa makanan sehat yang berpotensi untuk menambah tinggi anak anak adalah makanan berprotein tanpa lemak yang bisa didapat melalui unggas, daging sapi, kedelai, produk susu dan juga ikan. Protein akan membantu pembangunan otot, memperkuat tulang serta merangsang pertumbuhan tubuh. Makanan yang harus dihindari antara lain, permen, minuman bersoda, termasuk juga junk food.
Jangan lupa untuk memberikan anak Vitamin D dan juga kalsium. Sayuran berdaun hijau dan produk susu merupakan sumber kalsium yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa saya juga dapat merangsang pertumbuhan secara efektif. Jadi anda bisa menambahkan makanan yang kaya serat seperti jambu biji, labu, kacang, kepiting dan juga  ke dalam makanan sehari hari anak.

1. Peregangan
Untuk dapat menambah tinggi badan anak, anda bisa melatihnya untuk melakukan beberapa peregangan. Beberapa peregangan yang baik untuk pertumbuhan badan anak adalah dengan meregangkan bagian punggung. Caranya cukup sederhana, hanya dengan mencoba menggapai ujung jari kaki tanpa menunduk akan membuat bagian punggung meregang dengan baik. Peregangan harus dilakukan secara teratur.

2. Berolahraga atau bermain
Berolahraga secara aktif dan juga bermain dapat meningkatkan pertumbuhan anak terlebih karena dengan aktifnya anak anak bermain, mereka akan lebih mudah lapar sehingga kesempatan bagi ibu untuk memberikan makanan bergizi yang baik untuk pertumbuhan lebih besar.
Selain itu, dengan bermain imun tubuh akan menjadi lebih kuat. Semakin anak berbahagia, maka semakin kuat iman tubuhnya. Dengan demikian, apabila anak sehat pertumbuhannya pun akan menjadi baik.

3. Istirahat secara cukup
Anak anak harus beristirahat dalam jumlah yang cukup. Balita biasanya harus tidur sekitar 11 hingga 13 jam. Sedangkan anak anak dan remaja biasanya harus tidur di antara 9 hingga 11 jam.
Hormon pertumbuhan akan bekerja pada saat seseorang tidur. Oleh sebab itu, tidur dengan nyenyak merupakan salah satu syarat agar bisa tumbuh tinggi. Kurangi gangguan seperti suara suara, serta pastikan lampu redup atau mati pada saat tidur.

4. Berenang
Berenang juga merupakan salah satu cara meninggikan berat badan anak yang relatif efektif. Jadi, bunda bisa mengajak anak-anak untuk berenang, mungkin seminggu sekali.

Itulah 4 cara sederhana untuk meningkatkan tinggi badan anak yang patut dicoba dirumah, semoga bermanfaat.


2 comments:

Syifa Fauziah said...

salam kenal ,
kbtln saya ingin tinggi sktr 170cm dam masih kurang 8cm semoga dengan cara sederhana ini bermamfaat dan sukses disertai pelatihan ortopedi terima kasih

hendi surahman said...

Salam kenal juga mba syifa, selamat mencoba ya..terimaksih sudah berkunjung

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top