Bersikap Sebagai Entrepreneur

Bersikap Sebagai Entrepreneur

Seorang entrepreneur selain memiliki visi dan cita-cita yang besar, mempunyai ide-ide yang bisa dikembangkan dalam bisnis, memiliki keberanian memulai bisnis atau usaha, dan ketika usaha sudah berjalan dapat mengembangkan usahanya secara kreatif dan ketika usaha sedang terpuruk atau terkena krisis, seorang entrepreneur tetap bertahan, selalu optimis dengan mencari berbagai pemecahan atau jalan keluar dari keterpurukan.

Sikap entrepreneurship sangat penting untuk dipupuk karena dunia usaha terkadang berada di atas pada posisi menguntungkan dan terkadang berada di bawah pada posisi krisis, hal ini sebagai proses bisnis atau siklus yang selalu dialami setiap pebisnis. Seseorang yang berjiwa entrepreneur akan mempunyai sikap bertahan pada usahanya, tidak mudah menyerah pada keadaan serta selalu melihat peluang-peluang untuk dapat keluar dari krisis yang ada.
belajar sebagai entrepreneur

Sikap-sikap yang harus dimiliki seorang entrepreneur agar mencapai sukses diantaranya:

  1. Selalu dapat melihat peluang bisnis dimana pun berada dan pada posisi bagaimana pun. Peluang bisnis tetap dapat terlihat oleh seorang entrepreneur pada saat orang lain tidak bisa melihat atau membaca peluang bisnis tersebut terutama pada masa-masa sulit atau masa krisis, dimana orang-orang merasa pesimis, tidak bergairah dan menyerah pada nasib, namun hal tersebut tidak berlaku pada seorang entrepreneur yang selalu tabah dan bertahan walaupun sedang dilanda krisis sampai krisis tersebut reda dan memasuki masa kestabilan usaha kembali.
  2. Bisa mgikuti arah perubahan yang berlangsung dan selalu berupaya untuk mengantisipasi perubahan tersebut dengan melakukan inovasi baik inovasi produk maupun inovasi pada metode-metode atau cara dalam berbisnis seperti berinovasi pada metode pemasaran ketika terjadi perubahan tren dimana produk yang diproduksi atau yang dijualnya sedang mengalami penurunan tren. 
  3. Sikap entrepreneur ketika bisnis sedang bagus tidak cepat merasa puas dengan posisi bisnisnya yang memang sedang naik (up trend), tapi tetap waspada bersiap siaga mengantisipasi kalau-kalau terjadi perubahan trend, karena dalam dunia bisnis atau dunia usaha pada umumnya, perubahan bisa berlangsung dengan cepat akibat persaingan yang kompetitif , misalnya perubahan akibat pesaing bisnis menurunkan harga maka hal ini harus disikapi dengan bijak karena akan mempengaruhi pasar.
  4. Sikap  entrepreneur ketika sedang terpuruk, selalu berpikir optimis, tidak mudah panik, tapi sebaliknya selalu berpikir solusi untuk melepaskan diri dari krisis dan berupaya keras mencari pemecahannya seperti seorang pesulap yang berusaha melepaskan diri dari ikatan, serta memenfaatkan situasi sehingga peluang tetap terbuka sekalipun pada saat krisis. Inilah intuisi bisnis yang tajam yang dimiliki para entrepreneur yang selalu dapat melihat peluang bisnis pada saat orang lain tidak bisa melihatnya. Apalagi entrepreneur sebagai pemimpin perusahaan harus memiliki emosi yang stabil, jangan cepat terkejut dan panik karena bisa berakibat fatal terhadap semangat kerja bawahan. 
Itulah sikap yang harus dimiliki sebagaai entrepreneur, mudah mudahan bermanfaat.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top