Faktor Keberhasilan Entrepreneur

Faktor Keberhasilan Entrepreneur

Seorang entrepreneur seringkali berangkat dari keterpurukan atau kegagalan lalu ia memberanikan diri membuka usaha baru dengan harapan akan memperoleh keberhasilan atau kesuksesan dalam usaha atau bisnis yang dijalaninya. Sikap berani memulai membuka usaha atau bisnis dan menjalankannya dengan berkomitmen penuh pada keberhasilan merupakan sikap-sikap entrepreneurship yang harus dipupuk dan dipertahankan dalam proses menjalankan usaha, serta dikembangkan lebih lanjut untuk memperoleh keberhasilan yang lebih optimal.
Agar mencapai keberhasilan yang optimal, seorang entrepreneur harus mengerahkan segala upaya baik intelektual berupa konsep-konsep bisnis maupun emosional berupa intuisi-intuisi dan daya kreatif dalam menyelesaikan segala persoalan bisnis dan proses pengambilan keputusan sehingga bisnisnya berjalan baik dan bisa memperoleh keberhasilan.
faktor keberhasilan entrepreneur

Beberapa faktor yang dapat menunjang keberhasilan entrepreneur diantaranya sebagai-berikut:

  1. Visi dan tujuan yang jelas, harus benar-benar tertanam dalam hati dan pikirannya sehingga ia tidak akan kehilangan arah dalam menjalankan usaha menuju keberhasilan atau tercapai visi dan tujuannya.
  2. Keberanian memulai usaha atau bisnis terkait visi dan tujuan yang telah ia buat dan ingin ia capai. Berani memulai bisnis sama dengan berani mengambil resiko, yaitu resiko berhasil atau sukses ataupun resiko gagal. Dengan sikap berani walaupun nantinya akan gagal, seorang entrepreneur yang yakin dengan tujuannya akan berani bangkit lagi untuk membenahi bisnis dengan menutupi kekurangan atau kesalahan-kesalahan sebelumnya sampai mengalami keberhasilan.
  3. Faktor keberhasilan yang erat kaitannya dengan kepribadian seorang entrepreneur adalah sikap kepemimpinan yang ia terapkan dalam menjalakan bisnis. Sifat pemimpin yang berupaya untuk selalu menjadi teladan dan terdepan serta menerangi orang-orang disekelilingnya akan membuat dirinya selalu berfikir positif pada setiap kejadian dan berupaya mencari solusi-solusi untuk kemajuan bisnisnya. 
  4. Sifat kepemimpinan entrepreneur yang merupakan faktor personal skill ditambah  dengan kemampuan manajerial atau pengelolaan merupakan dua faktor yang apabila dipadukan akan menjadikan pengelolan bisnis dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien sehingga diharapkan bisa lebih optimal dalam pencapaian tujuan yang diharapkan. Factor manajerial berkaitan dengan proses-proses yang dijalankan dalam bisnis dimulai dari proses perencanaan, pengaturan atau pembagian tugas dan jenis pekerjaan, pendelegasian jenis-jenis pekerjaan tertentu, serta proses-proses bimbingan atau panduan-panduan maupun motivasi-motivasi dalam melakukan pekerjaan dan proses pengontrolan kerja serta kualitas hasil pekerjaan.
  5. Kreatifitas seorang entrepreneur mutlak diperlukan untuk memunculkan sisi kualitas dan daya beda produk maupun layanan bisnis yang dijalankan sehingga memiliki keunikan tersendiri yang merupakan ciri khas produk dibanding dengan produk pesaing. Semakin kreatif seorang entrepreneur maka ia akan semakin dikenal oleh konsumen karena produknya unik dan sulit dijiplak oleh pesaing.
Itulah beberapa faktor keberhasilan entrepreneur mudah mudahan bermanfaat dan menjadi sukses.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top