10 Manfaat Shalat Tahajud Yang Belum Diketahui

10 Manfaat Shalat Tahajud Yang Belum Diketahui

Selama ini kita tahu bahwa shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dianjurkan, bahkan nabi pun sangat menganjurkan bagi umatnya melaksanakan shalat tahajud. Selain memiliki beberapa keutamaan shalat tahajud yang sama dengan keutamaan shalat dhuha, shalat sunnah yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat shalat tahajud ini masih jarang diketahui oleh sebagian besar orang karena masyarakat sebagian besar hanya mengetahui manfaat shalat fardhu seperti manfaat shalat subuh dan manfaat shalat dhuha, padahal shalat tahajud pun memiliki manfaat yang sangat banyak yang jarang diketahui oleh orang-orang, jika masyarakat mengetahui seberapa hebat dari manfaat shalat sunnah ini maka mereka akan berlomba-lomba untuk menunaikannya.


Bagi yang belum mengetahui secara pasti manfaat shalat tahajud ini, berikut ada 10 pemaparan terkain manfaat shalat sunnah tahajud yang perlu dan penting untuk diketahui:

1. Doa-doa akan mudah terkabul

2. Mengusir penyakit dan menjaga kekebalan tubuh, hal ini sudah berdasarkan penelitian medis.

3. Jauh dari kelalaian hati

4. Mencegah perbuatan dosa dan perbuatan-perbuatan tercela lainnya

5. Wajah akan lebih bercahaya dan memiliki aura yang berbeda.

6. Melancarkan aliran darah, manfaat ini juga sudah berdasarkan penelitian medis

7. Mendapatkan cinta dari allah swt

8. Mendapat sebuah jaminan jannah nya

9. Penyebab seseorang menjadi khusnul khotimah

10. Menjadi penyelamat dari siksa api neraka

Itu adalah kesepuluh manfaat yang dapat kita peroleh baik di dunia maupun di akhirat kelak, sungguh jika orang-orang mengetahui manfaat-manfaat ini maka mereka akan dengan senang hati melakukan shalat tahajud dan rela meninggalkan nyenyaknya tidur malam mereka.

Selain manfaat shalat tahajud yang sangat banyak, shalat sunnah satu ini juga terdapat doa-doa khusus yang biasa dibacakan setelah selesai shalat. Meskipun hakikat doa pada dasarnya adalah permohonann kita kepada yang maha kuasa namun alangkah baiknya jika setelah melaksanakan shalat malam tahajud ini kita memanjatkan doa-doa khusus doa setelah shalat tahajud. Untuk melaksanakan shalat sunnah malam ini juga memiliki tata cara. Cara mengerjakan shalat tahajud sama seperti cara mengerjakan shalat sunnah lainnya hanya bacaan niat saja yang menjadi pembeda diantara satu shalat dengan shalat lainnya.

Selain kesepuluh manfaat yang dipaparkan di atas, masih ada banyak lagi manfaat shalat tahajud yang belum diketahui oleh orang-orang, berbagai manfaat itu dapat kita temukan pada hadits-hadits sahih dan ayat-ayat pada kitab suci al-qur’an. Setiap shalat tentu memiliki manfaatnya sendiri-sendiri, manfaat yang terdapat dan terkandung dalam shalat tahajud belum tentu terdapat dan terkandung pula dalam shalat fardhu dan shalat sunnah lainnya, inilah yang menjadikan banyak para ulama msangat menganjurkan orang-orang untuk melaksanakan shalat tahajud.

Kendatipun sudah mengetahui berbagai manfaat shalat tahajud ini, tetap saja masih banyak orang-orang yang enggan melakukannya. Penyebab utama dari sedikitnya orang yang melaksanakan shalat sunnah penuh manfaat ini adalah mereka tidak dapat melawan rasa kantuk yang timbul, sebab shalat sunnah tahajud ini dilakukan pada sepertiga malam dimana waktu-waktu tersebut adalah waktu-waktu yang sangat nyaman digunakan untuk tidur sehingga orang-orang malas bangun dari kasur mereka dan mengambil air wudhu, padahal sangat merugi mereka yang melalaikan shalat sunnah ini mengingat banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dari shalat ini yang mungkin tidak diperoleh pada saat melakukan shalat sunnah lainnya atau shalat fardhu.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top