3 Rahasia Keutamaan Shalat Tahajud

3 Rahasia Keutamaan Shalat Tahajud

“Pada malam hari,hendaklah engkau shalat tahajud sebagai tambahan bagi engkau, mudah-mudahan tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji (Qs: Al-Isra’ 79) Firman Allah SWT tersebut, menjadi bukti bahwa shalat yang dilakukan di malam hari tersebut memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Sudah seharusnya sebagai muslim Anda mengetahui apa saja keutamaan salat tahajud yang mungkin selama ini belum diketahui. Yuk simak informasi pentingnya berikut ini.

Dari sekian banyak keutamaan Shalat Tajahud yang paling menyentuh dan pastinya membuat banyak kaum muslimin berlomba melaksanakan shalat sunat yang dianjurkan ini adalah:


1. Dikabulkan doa doanya
Dari berbagai hadits disebutkan bahwa salah satu waktu yang mustajab agar terkabul segala doa adalah saat sepertiga malam setelah melakukan shalat malam, seperti salah satu hadis sahih yang menyebutkan bahwa Allah SWT akan mengabulkan permintaan hambanya yang berdoa dan memohon pengampunan di waktu tinggal sepertiga malam menjelang subuh.

2. Diangkat Derajatnya
Dari riwayat Ath-Thabrani disebutkan bahwa salah satu dari tiga jenis manusia yang sangat dicintai oleh Allah SWT adalah yang terjaga di malam hari dan memilih untuk mengingat ALLAH SWT ketimbang melakukan kesenangan yang sebenarnya bisa dilakukannya. Akan banyak kemuliaan yang didapatkan bagi hamba yang melakukan rutinitas tersebut, bahkan pengakuan banyak umat muslim bahwa hidupnya terasa lebih damain, nyaman dan jauh dari masalah apapun salah satunya karena selalu menegakkan shalat sunat tahajud di malam hari.

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
Tak ada yang bisa mengingkari bahwa setiap hamba Allah SWT membutuhkan waktunya sendiri untuk berbicara langsung kepada sang Khaliq, melalui shalat malam, maka keutamaan shalat tahajud yang satu ini terasa sangat nyata, dimana siapapun bisa berbicara kepada Allah SWT dengan lebih khusuk, tanpa gangguan siapapun dan apapun, sehingga apapun uneg-uneg bisa disampaikan, dan tentunya akan membuat hati jauh lebih tenang.

Selain keutamaan shalat tahajud yang sangat menakjubkan bagi hubungan antara umat muslim dan sang Khaliq, keutamaan lain dari shalat malam tersebut juga terbukti memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. terbukti dari penelitian sejumlah ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa, saat melakukan shalat tahajud,sistem kekebalan tubuh akan meningkat, dan mampu membuat tubuh jauh lebih kebal terhadap penyakit, karena metabolisme tubuh bekerja dengan lancar selama shalat dilakukan. Selain itu, memperlancar peredaran darah juga merupakan keutamaan lain dari shalat tahajud yang membuat takjub, karena saat melakukan gerakan shalat dua rakaat itu, otot tubuh menjadi termotivasi untuk bekerja dengan baik, sehingga aliran darahpun menjadi lancar ke seluruh tubuh.

Memang sungguh memotivasi, ketika keutamaan shalat tahajud sudah Anda ketahui dengan jelas, sehingga pastinya akan membuat ingin melakukannya sesering mungkin. Tapi sebenarnya jam berapa waktu yang tepat untuk melakukan shalat malam ini? dari penjelasan sejumlah ulama dan hadits sahih disebutkan bahwa ada tiga waktu untuk melakukan shalat tahajud, yaitu usai shalat Isha hingga pukul 10 malam, lalu waktu berikutnya adalah pukul 10 malam hingga pukul 01:00 dini hari, dan selanjutnya adalah pukul 01:00 hingga menjelang subuh. Namun disebutkan bahwa waktu terbaik adalah waktu ketiga.

Sebagai umat muslim yang ingin mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT tentunya Anda ingin merasakan keutamaan shalat tahajud yang luar biasa tersebut, karena selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi keutamaan lain yang bakal Anda rasakan sendiri ketika menerapkan pelaksanaan shalat malam ini secara rutin. Silahkan coba dan buktikan kekuasaan ALLAh SWT melalui shalat tahajud.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top