Bagaimana Tata Cara Benar Untuk Dapatkan Keutamaan Shalat Dhuha?

Bagaimana Tata Cara Benar Untuk Dapatkan Keutamaan Shalat Dhuha?

Tak ada yang meragukan bahwa melaksanakan shalat sunat dhuha sangat bermanfaat dan memberikan dampakhebat bagi kehidupan kaum muslimin, namun tentunya untuk mendapatkan Keutamaan Shalat Dhuha terbaik, mestilah melaksanakannya dengan tata cara yang benar sesuai dengan syariat, dan pedoman dalam Al-quran. Bagaimana caranya?

Secara umum, tata cara shalat ini untuk mendapatkan Keutamaan Shalat Dhuha sama dengan shalat lainnya , dimulai dari membacakan niat untuk melaksanakan shalat dhuha,lalu takbiratul ihram, dan membaca doa iftitah, setelah itu dilanjutkan dengan membaca ayat pendek, namun dianjurkan untuk membaca surat Asy-Syam. Pada saat ruku’ setelah membaca bacaan rukuk, dilanjutkan dengan membaca bacaan tasbih sebanyak tiga kali, baru i’tidal dan membaca bacaannya, kemudian sujud pertama dan membaca bacaan sujud dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak tiga kali, lalu lalu duduk diantara dua sujud dilanjutkan dengan sujud kedua serta membaca bacaannya, dilanjutkan dengan rakaat kedua.


Pada rakaat kedua hampir sama dengan rakaat pertama, perbedaannya hanyalah surat yang dibaca usai melafazkan alfatihah yaitu surat Al-lail, begitu juga jika ingin melaksanakan shalat dhuha empat rakaat, enam rakaat atau kelipatannya, lakukan sesuai tata cara ini, agar keutamaan shalat dhuha benar-benar dirasakan sepanjang hari. Setelah membaca salam, Anda bisa melanjutkan dengan membaca doa yang ingin diucapkan kepada Allah SWT, termasuk doa yang biasa diucapkan khusus ketika melaksanakan shalat Dhuha. Sementara itu, jika bicara menyoal waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat dhuha agar bisa benar-benar merasakan kemuliaannya adalah berkisar pukul 09.00 pagi hingga pukul 11.00, atau tepatnya saat terbitnya matahari hingga sebelum tergelincirnya matahari, ini sesuai dengan sunnah Rasulullah dalam beberapa hadits sahih para sahabat nabi.

Mau informasi lebih lanjut? Yuk ketahui apa sebenarnya Keutamaan Shalat Dhuha bagi Anda yang melakukannya, pertama adalah mendapat pengampunan dosa dari Allah SWT, sesuai dengan hadits HR Tirmidzi yang menuebutkan “Barang siapa yang melakukan shalat dhuha secara rutin, akan diampuni dosanya walaupun dosanya sebanyak buih di laut,”. Keutamaan lainnya adalah mendapatkan pahala seperti naik haji dan umrah, hal ini dipertegas melalui hadits HR Tirmidzi yang berbunyi “ Siapapun yang melakukan shalat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan berdzikir hingga matahari terbit, lalu melaksanakan shalat dhuha dua rakaat, maka dia bagaikan mendapat pahala haji dan umroh yang sempurna. Selanjutnya adalah keutamaan dalam hal sedekah, dimana melaksanakan shalat dhuha sama dengan bersedekah di seluruh sendi tubuh, seperrti disebutkan dalam hadits sahih HR. Muslim dimana shalat Dhuna bisa menggantikan sedekah dari 360 persendian tubuh yang wajib bersedekah.

Memang bukan itu saja yang menjadi keutamaan shalat dhuha, sebab ketika Anda mulai merutinkan pelaksanaan shalat sunat yang satu ini, maka kelimpahan rezeki, diterima taubatnya, dicukupkan kebutuhan di sore hari, dan diampuni dosanya juga merupakan keutamaan yang sangat luar biasa yang tentunya ingin Anda dapatkan. Maka dari itu, luruskan niat untuk menjadi hamba yang lebih dekat dengan sang penciptanya, dengan menjalankan yang wajib dan melakukan sunah yang dianjurkan, salah satunya adalah shalat dhuha. Ketika ibadah tersebut sudah menjadi bagian dari keseharian Anda, maka niscaya akan terasa perbedaan signifikan dalam kehidupan Anda yang akan jauh lebih indah, tenang, dan menyenangkan. Selain itu, Anda juga sudah mengumpulkan banyak bekal untuk di akhirat nanti. Jadi, bagi yang masih belum menegakkan shalat dhuha, berlombalah untuk melaksanakannya serutin mungkin sekarang juga.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top