Beberapa Keutamaan Shalat Berjamaah Yang Perlu Diketahui

Beberapa Keutamaan Shalat Berjamaah Yang Perlu Diketahui

Shalat memiliki banyak sekali keutamaan baik itu shalat sunnah maupun shalat fardhu, keutamaan dalam shalat sunnah biasanya yang kita ketahui adalah keutamaan shalat tahajud dan keutamaan shalat dhuha sedangkan untuk shalat fardhu sebagian besar sudah mengetahui masing-masing keutamaannya. Kita sering mendengar yang namanya shalat berjamaah, namun belum mengetahui secara detail keutamaan apa saja yang diperoleh jika kita melakukan shalat berjamaah. Ada beberapa keutamaan shalat berjamaah yang perlu diketahui untuk membangkitkan kembali semangat kita menjalankan ibadah shalat terutama berjamaah baik itu di masjid maupun musholla.


Shalat berjamaah itu sendiri adalah shalat yang dilaksanakan minimal dua orang dengan satu orang sebagai makmum dan satu orang sebagai imam, dengan catatan jika yang melaksanakan shalat jamaah ini hanya dua orang dan berlainan jenis kelamin maka keduanya haruslah mereka yang berikatan mahram. Namun jika berjamaah lebih dari dua orang maka boleh dilakukan dengan lain mahram, tata cara shalat jamaah ini sama saja dengan cara mengerjakan shalat lainnya baik itu cara mengerjakan shalat tahajud, shalat dhuha, maupun shalat lainnya. Biasanya shalat berjamaah ini dilakukan ketika memasuki waktu shalat fardhu, tak kalah dengan manfaat shalat subuh keutamaan shalat berjamaah ini juga banyak sekali dan memiliki manfaat salah satunya adalah menambah ukhwah dan mempererat tali silaturahmi apalagi jika melaksanakan shalat berjamaah di masjid atau di musholla (di luar rumah).

Bagi yang belum mengetahui apa saja keutamaan-keutamaan tersebut berikut ini adalah beberapa keutamaan shalat berjamaah yang perlu untuk diketahui:

1. Di do’a kan oleh malaikat, orang-orang yang melakukan shalat berjamaah akan didoakan oleh malaikat

2. Mendapatkan pahala langkah kaki, pahala yang dimaksudkan disini adalah langkah kaki yang digunakan ketika hendak ke masjid akan dihitung sebagai pahala

3. Mendapatkan doa malaikat setika berada pada shaf paling depan

4. Mendapatkan naungan dari allah swt pada saat hari kiamat kelak

5. Terhindar dari sifat munafik

Selain kelima keutamaan tersebut masih ada banyak lagi keutamaan-keutamaan yang diperoleh ketika kita melaksanakan shalat berjamaah.

Kita juga dapat memanjatkan doa-doa ketika selesai melaksanakan shalat berjamaah, seperti salah satu keutamaan shalat berjamaah adalah didoakan oleh para malaikat, ketika kita berdoa maka malaikat akan mengamini doa-doa kita sama seperti doa sesudah shalat tahajud dimana malaikat akan turut mendoakan kita dan mengamini doa-doa yang kita panjatkan kepada allah swt. Selain itu pahala yang diperoleh jika melaksanakan shalat berjamaah pun akan berlipat ganda jika dibandingkan melaksanakan shalat seorang diri, seperti dilansir beberapa hadits bahwa allah akan melipat pahala orang yang melakukan shalat secara berjamaah sebanyak 27 pahala. Jika dibandingkan dengan shalat sendirian maka pahala ini sangat jauh lebih banyak jumlahnya.

Setelah mengetahui berbagai macam keutamaan shalat berjamaah, maka diharapkan akan menambah semangat kita untuk lebih meningkatkan ibadah kepada allah swt dan lebih rajin mengunjungi masjid-masjid di dekat atau di sekitar kita untuk melaksanakan shalat berjamaah mulai dari shalat subuh sampai shalat isya mengingat pahala yang dijanjikan allah sangatlah banyak jika dibandingkan dengan shalat sendirian baik laki-laki maupun perempuan dapat melakukan shalat berjamaah ini jika tidak dapat melakukannya di masjid-masjid terdekat maka shalat berjamaah dapat dilakukan di dalam rumah saja dengan keluarga-keluarga seperti orang tua, kaka, adik, suami, istri dan anak-anak.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top