Doa Sesudah Shalat Tahajud, Doa Mustajab Yang Dikabulkan

Doa Sesudah Shalat Tahajud, Doa Mustajab Yang Dikabulkan

Tak banyak yang tahu bahwa melaksanakan Shalat Tahajud bukan sekadar mengerjakan sunnah Rasulullah semata. Selain berserah diri kepada Allah SWT, melalui doa sesudah Shalat Tahajud seseorang bisa menjadi lebih dekat dan kesempatan agar doanya terkabul sangat besar, bahkan dalam Al-quran dan Hadits sahih sendiri disebutkan bahwa berdoa usai shalat Tajahud adalah doa mustajab. Apa buktinya?

Bicara soal bukti bahwa doa sesudah Shalat Tahajud sangat mustajab tertuang dalam surat Adz-Dzariyaat ayat 15-17 yang artinya “Sesungguhnya orang yang bertakwa berada di taman (surga) dan di mata air. Sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh tuhannya, sesungguhnya mereka sebelumnya di dunia adalah orang yang berbuat kebaikan. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam,” ini membuktikan bahwa salah satu kaum penghuni surga adalah yang mendirikan shalat malam. Bukti lainnya yang juga lebih tegas menyatakan bahwa doa yang diucapkan usai Shalat Tahajud adalah mustajab adalah Hadits dari H.R Bukhari dan Muslim yang artinya “Allah SWT turun ke langit dunia setiap malamnya, ketika tersisa sepertiga malam menjelang pagi, kemudian Allah berfirman, siapa yang berdoa kepada Aku, akan Aku kabulkan doanya, dan siapa yang meminta akan Aku beri, dan siapa yang meminta ampunan, akan Aku Ampuni,”.

Bukti sahih dari Alqur-an dan Hadits tersebut pastinya menjadi landasan bagi Anda kaum muslimin untuk melaksanakan Shalat Tahajud dan memanjatkan doa sesudah Shalat Tahajud. Namun memang dalam melantunkan doa sebaiknya benar-benar berserah diri dan khusu’ sehingga Anda bisa langsung berkomunikasi dengan sang Khaliq sambil mengungkapkan apapun yang Anda rasakan dan inginkan. Hal ini juga sudah sangat banyak buktinya, seperti si A yang sedang kesusahan dalam hal rumah tangga, lalu memohon agar diberikan yang terbaik dan dilapangkan seluruh urusannya setiap malam di sepertiga malam terakhir, lalu dia segera mendapatkan petunjuk untuk mempertahankan rumah tangga dan diberikan kekuatan untuk menyelesaikan semua masalah dengan cara yang tenang tanpa menimbulkan masalah baru, dan masih banyak contoh bagaimana Allah SWT tak pernah mengingkari janji kepada umatnya yang memohon kepadanya di saat yang dianjurkanNya.

Sedangkan doa sesudah Shalat Tahajud yang biasanya diucapkan sebelum memulai doa pribadi masing-masing juga ada dan haruslah diucapkan dengan sungguh-sungguh. Yaitu “Ya Allah, Segala Puji hanyalah milik-Mu, Engkau penegak dan pengurus langit dan bumi beserta semua makhluk di dalamnya. Segala puji untukMu. Engkaulah raja langi dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya, segala puji hanya untukMu. Engkau cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya, segala puji milik-Mu. Engkau yang hak, janji-Mu lah yang benar, pertemua dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu nera, surga itu ada, neraka itu ada, para nabi itu benar, Nabi Mumahhad SAW itu benar, dan hari kiamat itu ada. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah, beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali, hanya dengan-Mu aku menghadapi musuh, dan hanya kepada-Mu aku dihukum. Maka ampunilah dosaku yang telah kulakukan dan akan kulakukan, yang kurahasikan dan yang dilakukan secara terbuka, serta dosa lain yang Kau lebi mengetahuinya. Engkau yang maha terdahulu dan Engkau yang maha akhir, tak ada tuhan selain Kau, dan tak ada daya upaya kecuali pertolongan dari-Mu Allah SWT.

Barulah setelah mengucapkan doa sesudah Shalat Tahajud tersebut Anda bisa mulai melantukan segala doa yang ingin diungkapkan kepada Allah SWT. Dan berdoalah selalu agar kemudahan selalu menjadi bagian dari jalan hidup Anda.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top