Menggali 10 manfaat puasa daud bagi kesehatan

Menggali 10 manfaat puasa daud bagi kesehatan

Puasa adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak hanya menahan rasa haus dan lapar dari mulai terbit fajar sampai fajar tenggelam, puasa pada hakikatnya adalah menahan diri dari berbagai godaan terutama godaan syetan atau biasa yang disebut dengan hawa nafsu. Dengan rajin berpuasa kita dapat melatih diri kita melawan rasa amarah dan melatih hati kita agar lebih sabar dan pandai bersyukur. Selama ini kita mengenal puasa ramadhan yakni puasa yang dilakukan pada bulan ramadhan hanya dilakukan satu bulan selama satu tahun dan memiliki hukum yang wajib bagi orang muslim yang mampu menjalankannya. Namun dibalik itu ada berbagai macam lagi puasa-puasa seperti puasa sunnah, seperti puasa sunnah daud ada banyak sekali manfaat puasa daud ini terutama bagi kesehatan tubuh.

sumber gambar : pixabay.com

Adapun puasa daud itu sendiri adalah puasa sunnah yang dijalankan seseorang dengan cara satu hari melaksanakan puasa kemudian keesokan harinya tidak lalu lusa puasa dan esoknya tidak, begitu terus berturut-turut. Meskipun puasa ini terdengar berat untuk dilaksanakan namun manfaat puasa daud yang dirasakan sangatlah besar dan dahsyat yang mungkin hanya sedikit orang yang menyadari akan manfaat tersembunyi tersebut. Selain itu puasa daud ini pun memiliki keutamaan-keutamaan seperti keutamaan shalat tahajud dan keutamaan shalat dhuha, ketika kita merasa berat untuk melaksanakan shalat tahajud padahal memiliki keutamaan yang sangat besar begitupun dengan puasa daud, sangat sulit dilakukan padahal memiliki tingkat keutamaan yang tinggi.

disamping mengetahui manfaat-manfaat dari shalat fardhu seperti manfaat shalat subuh dan manfaat dari shalat sunnah seperti tahajud, dhuha maupun hajat kita juga perlu mengetahui manfaat dari puasa. Terutama manfaat puasa daud ini, agar lebih termotivasi untuk melaksanakan puasa sunnah satu ini, mayoritas masyarakat hanya mengetahui manfaat dari puasa sunnah adalah puasa senin kamis saja. Pengetahuan tentang manfaat dari puasa sunnah daud sendiri sering diabaikan bahkan dilupakan oleh masyarakat di zaman sekarang, padahal jika ingin mencarinya kdapat dengan mudah ditemukan di buku-buku agama maupun di website-website agama yang jelas sumbernya.

Berikut ini adalah 10 manfaat puasa daud bagi kesehatan yang belum banyak diketahui oleh orang-orang:

1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh

2. Mencegah penyakit jantung

3. Menjadi detosifikasi alami bagi tubuh

4. Membantu menjaga kesehatan kulit

5. Mengurangi resiko penyakit maag karena jam makan teratur dan terjadwal dengan baik

6. Melancarkan peredaran darah

7. Dapat mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh karena pola makan teratur

8. Menjaga kebugaran dan menambah stamina dalam tubuh

9. Menjaga kadar gula darah sehingga menghindarkan dari penyakit kolestrol

10. Mengurangi stress pada otak

Itulah kesepuluh manfaat kesehatan yang dapat diperoleh jika kita rutin melaksanakan puasa daud, manfaat-manfaat tersebut sudah berdasarkan penelitian medis dan dilakukan oleh dokter-dokter profesional sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Untuk mengetahui tata cara, doa dan seluk beluk tentan puasa daud ini termasuk manfaat puasa daud dari segi islam dapat dengan mudah membacanya di buku-buku pengetahuan fiqih yang didalamnya juga akan memuat doa-doa sesudah shalat seperti doa sesudah shalat tahajud, tata cara mengerjakan shalat tahajud dan shalat sunnah lainnya, cara mengerjakan berbagai puasa sunnah dan berbagai macam ilmu pengetahuan tentang keagamaan lainnya, dapat pula mencarinya pada website-website artikel keagamaan yang akurat sumbernya.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top