Mengenal Arti Iman Kepada Allah Untuk Anak Anak

Mengenal Arti Iman Kepada Allah Untuk Anak Anak

Seorang muslim harus mengetahui iman itu apa.Terlebih bagi kalian,sejak dini,kalian harus belajar mengenal dan memahami iman dengan baik. Apa sih yang membuat kita harus belajar tentang iman? Jawabannya tak lain dan tak bukan karena iman adalah penyangga agama. Setiap seorang harus memiliki penyangga agama yang berupa keimanan.Termasuk kalian semua.Apabila tiang penyangga agama kita goyah maka iman kita pun akan runtuh.

Lalu,apa yang akan terjadi jika iman akan mulai runtuh? Allah akan memberikan balasan siksaan kepada kita di neraka kelak .Sudah tahu bukan betapa iman itu amat penting. Untuk itu kita tidak usah lagi menunda-nunda untuk mempelajarinya.

sumber image: pixabay.com

Makna iman

Secara bahasa, iman berarti benar. Sedangkan menurut istilah syariat,iman berarti mempercayai dengan hati,lalu mengucapkan melalui lisan,dan membuktikannya dengan amaliah atau perbuatan.
Jika ketiga bagian seperti hati,lisan,dan amaliah atau perbuatan sama-sama bisa kita lakukan,
Masya allah...sempurnalah keimanan kita.Seperti ini nih,Allah itu maha melihat. Jika kita sudah
mengetahui bahwa allah maha melihat,tentu kita tidak boleh berbohong kepada teman sendiri, Terlebih berbohong kepada kedua orang tua.

Suatu hari,ada seorang anak bermain hingga sore hari.Ia takut sekali akan dimarahi oleh ibunya. Lalu apa yang ia lakukan?Ia membohongi ibu yang sudah menantinya pulang.Ia bilang kepada ibunya,”Tadi saya mengerjakan PR di rumah teman bu.Jadi,saya pulang terlambat sekarang” Tahukah kalian apa yang dikatakan anak tadi tidak patut kalian tiru. Ia dengan sengaja berbohong kepada ibunya padahal ibunya sudah menantinya pulang. Meskipun ibu tidak tahu kita berbohong,namun jangan lupakan bahwa allah itu maha melihat. Bahkan allah pun bisa melihat semut hitam yang kecil dan berada di kegelapan malam.

Sebab itulah kita harus membiasakan diri berlaku jujur ,Berbohong merupakan dosa. Ketika berbohong,allah bisa membenci kita. Deangan berbohong maka keimanan kita belum sempurna. Karena bisa saja teman kita sendiri tidak tahu bahwa diri kita berbohong namun Allah pasti tahu dengan kebohongan kita. Inilah yang bisa dijadikan kalian contoh bahwa kejujuran merupakan bagian dari iman dan keimanan itu sangatlah penting untuk menjadikan diri kita semakin saleh dihadapan Allah.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top