Contoh penerapan rukun islam dalam kehidupan sehari hari

Contoh penerapan rukun islam dalam kehidupan sehari hari

Dalam kehidupan kita sehari hari memang sangat banyak sekali aktivitas aktivitas yang kita lakukan dan hal ini menjadi rutinitas kita sehari – hari. Namun, tidak luput dari itu kita juga memiliki tata cara hidup dalam aturan agama islam kita dan jika kita bisa menerapkanya maka kehidupan kita sehari hari akan berjalan dengan lancar dan seimbang. Karena di dalam aturan islam sangat mengajarkan tata cara hidup yang sangat bermartabat dan hal ini perlu di terapkan pada kehidupan kita sehari hari. Kenapa hal ini perlu di lakukan ? di dalam berkehidupan di masyarakat banyak sekali hal hal yang tidak kita inginkan dan bahkan masalah akan timbul kapan saja dan hal inilah yang bisa membuat hidup kita bisa terganggu.


Nah di dalam agama islam sendiri ada yang namanya rukun islam dan hal ini sangat bagus sekali untuk di terapkan dalam kehidupan kita sehari – hari, karena dengan menggunakan rukun islam tersebut untuk di terapkan dalam kehidupan kita sehari hari maka akan sangat membantu sekali di saat kita menjalani hidup di tengah tengah masyarakat. Nah seperti apa penerapan rukun islam dalam kehidupan sehari hari kita ? kita simak bersama sama di bawah ini:

“Barang siapa yang menginginkan ladang di akhirat maka kami akan tambahkan baginya untuk ladangnya dan barang siapa yang menginginkan ladang dunia maka kami akan berikan bagiannya dan dia tidak akan memiliki bagiannya di akhirat “. Surah al-isra ayat 14-15:

Dari kutipan ayat di atas sudah cukup jelas bahwa allah sangat murah sekali kepada hambanya, karena di setiap perbuatan manusia pasti akan di nilai oleh nya dan pasti ada balasan di kemudian hari atau di akhirat kelak.

Contoh penerapan rukun islam dalam kehidupan sehari – hari

1. Menjauhi semua laranganya dan melakukan yang di perintahkan

Di dunia ini banyak sekali hal hal yang membuat kita terpikat untuk melakukanya dan bahkan dari perbuatan kita tersebut akan mengakibatkan dosa yang besar dan bahkan akan menyesatkan kita dari ridhonya. Maka dari itu kita mesti berhati hati dalam melakukan perbuatan di kehidupan kita sehari hari, karena jika tidak akan mengakibatkan kesalahan yang fatal dan hal ini akan membuat kita merugi.

2. Menyadari kehidupan di dunia ini hanya sementara

“Wahai kaumku sesungguhnya kehidupan (dunia) ini adalah kenikmatan (sementara belaka) dan sesungguhnya hari akhir adalah tempat yang tetap (kekal)”. Nah dari sini kita harus sadar bahwa kita ini di dunia ini hanya sementara dan kita meski harus tau supaya kita bisa selamat sampai akhir kelak nanti.

3. Iman kepada Qadar

Dengan memiliki iman kepada qadar maka kita akan bisa hidup dengan lebih terarah dan bisa berjalan dengan sesuai aturan agama dan kita bisa selamat sampai akhir kelak.

4. Bersikap sabar atas segala sesuatu yang menimpanya

Bersabar adalah hal yang sangat harus di miliki oleh setiap orang, karena dengan memiliki sifat sabar maka kita akan bisa mengarungi kehidupan dengan selamat. “Tidaklah menimpa dari suatu musibah pun kecuali dengan izin Allah dan barang siapa yang beriman kepada Allah maka Allah akan tunjukkan hatinya dan Allah dengan segala sesuatu mengetahui”.

Nah dari sini maka Anda bisa mengetahui aturan aturan dalam menjalani kehidupan kita sehari – hari, dengan cara ini maka hidup kita akan lebih terarah dan kita bisa selamat di kehidupan kita sehari – hari. Semoga bermanfaat.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top