Keutamaan Atau Fadlilah Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Keutamaan Atau Fadlilah Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Bulan ramadhan adalah bulan atau awal turunya Al-Qur'an,, yaitu sebuah petunjuk untuk manusia dan penjelasan tentang petunjuk itu dan menjadi penegak kebenaran, membedakan antara hak dan batil ( Al-baqarah 185 ). dari abu Hurairah ra berkata : Nabi SAW bersabda: " Celakah orang yang tidak bershalawat kepadaku tatkala namaku diucapkan ( orang kedua ) di sisinya, Dan celakalah orang yang menyia-nyiakan peluang emas, berbakti memenuhi hak kedua orang tua faktor penyebab masuk sorga, padahal ayah-ibu atau salah satu dari mereka hidup di sisiNya, namun ia tidak melakukannya, dan celakalah orang yang tidak mau mohon rahmat dan ampunan Allah selama bulan ramadhan, padahal ia berkesempatan hidup sejak awal hingga akhir ramadhan, maka tertipulah ia ". ( dialih dari kitab Zubdatul wa'idhin ).

Falilah bulan ramadhan

Nabi Muhammad SAW bersabda :

  • " Orang yang bershalawat kepadaku 100x di hari/malam jum'at, maka ia datang di hari kiamat kelak bersinar ( dengan cahaya besar ), dan sinar tersebut apabila disorotkan kepada selusruh makhluk, pasti memadai ".
  • " Siapa lega hati, menyambut kehadiran bulan ramadhan, pasti Allah mengharamkan tubuhnya atas neraka apa saja ".
  • " Pada malam pertama bulan ramadhan Allah berfirman: "siapa mencintaiKu, pasti akupun mencintainya, siapa mencari rahmatKu, pasti rahmatKupun mencarinya, dan siapa beristighfar kepadaKu, pasti Aku mengampuninya, Berkat hormat ramadhan, lalu Allah menyuruh malaikat mulia mencatat amal, Khusus dalam bulan ramadhan supaya menulis amal kebaikan semata, tidak mencatat laku kejahatan mereka, Umat Muhammad, dan Allah menghapus dosa dosa terdahulu bagi mereka ".
Dalam kitab hayah diceritakan, bahwa shuhuf ibrahim as diwahyukan malam awal ramadhan, kitab taurat malam ke 6 ramadhan (terpaut 700 tahun dengan shuhuf ibrahim as ), kitab zabur malam ke 12 ramadhan ( terpaut 1200 tahun dengan zabur ) sedangkan kitab Al-Quran malam ke 27 ramadhan ( terpaut 620 tahun dengan injil ).

Dari ibnu Abbas ra katanya , aku mendengar rasul SAW bersabda : " Andaikata umatku tahu pasti tentang sesuatu yang tersembunyi dalam bulan ramadhan, pasti mereka mengharap seluruh bulan dalam setahun menjadi bulan ramdhan ". Sebab ia menghimpun segala kebaikan dan taat yang dikabulkan, Doa-do'a dipenuhi ( mustajab) segala laku dosa diampuni dan sorga merindukan mereka.

Diceritakan nabi Muhammad Saw bersabda :

" Adalah pada awal malam ramadhan , seluruh syetan berikut stap pembantunya, para jin durhaka, semuanya dibelenggu, semua pintu neraka ditutup, tiada satupun pintu yang terbuka, sebaliknya semua pintu surga dibuka, tiada satupun pintu yang ditutup, dan setiap malam ramadhan alah berseru 3x, demikian : 'Adakah orang yang meminta? maka aku pasti memberinya, Adakah orang yang mau bertaubat? maka aku pasti menerima taubatnya. Adakah orang yang beristighfar memohon ampun? maka aku pasti memberi ampun padanya. Dan selama ramadhan Allah membebaskan satu juta penghuni neraka setiap harinya, bahkan khusus hari jumat ramadhan. Allah membebaskan mereka sebnayak sejuata penghuni neraa setiap jam. Lebih dari itu pada akhir ramadhan Allah membebaskan penghuni neraka sebanyak bilangan mereka yang telah dibebaskan sepanjang bulan ramadhan mulai hari pertama hingga penghabisan.

Nah sobat hikmah kebersamaan, itulah keutamaan atau falilah bulan ramdhan bagi umat islam, mudah-mudahan bermanfaat.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top